Skip to main content

Dua Puluh Tahun Tumbuh Bersama Pearl Jam



Tulisan yang aku posting di sini adalah versi sebelum di edit redaksi majalah Tempo, versi majalah bisa di baca dengan mengklik gambar di atas

Saat Eric Clapton sibuk menyanyikan Tears in Heaven di panggung MTV Video Music Award 1992, Eddie Vedder  (vokalis Pearl Jam) dan Kurt Cobain (vokalis Nirvana), malah sibuk berdansa dengan mesra di belakang panggung. Orang-orang di sekelilingnya tampak tidak mempedulikan mereka. Usai berdansa, mereka berdua berpelukan layaknya dua orang sahabat. Gambaran ini jauh dari gembar-gembor media yang saat itu justru sibuk memposisikan Pearl Jam dan Nirvana sebagai rival  yang saling bermusuhan.

Cameron Crowe, jurnalis dan sutradara yang dikenal lewat film Singles (1992), Jerry McGuire (1996), Almost Famous (2000)  menyusun kembali footage sepanjang 1200 jam menjadi film dokumenter berdurasi 109 menit dengan judul PJ20.  Film ini diputar sekali saja secara serentak di seluruh dunia pada tanggal 20 September, termasuk Indonesia. Upaya Pearl Jam Indonesia (fans club PJ di Indonesia), bersama Bioskop Merdeka dan Heaven Records sebagai penyelenggara, berhasil mengundang antusiasme lima ratus penggemar yang  memadati studio XXI, Epicentrum Jakarta, meski pemutaran terlambat satu jam dari yang sudah ditentukan.

Pada dasawarsa 90-an, Seattle Sound adalah kiblat musik sulit dihindari. Grunge yang dipopulerkan media sebagai aliran musik dari Seattle, menempatkan Soundgarden, Pearl Jam, Nirvana, Alice in Chains, sebagai idola baru yang mendunia. Perkembangan dan dinamika sosial Seattle Sound ini di jelaskan dengan sangat baik dalam film dokumenter berbeda garapan Doug Pray, Hype! di tahun 1996.

Adalah Stone Gossard (gitar) dan Jeff Ament (bas) pada tahun 1988, bersama Andrew Wood sang vokalis, membentuk band yang mereka namai Mother Love Bone (MLB). Karisma Andrew Wood melejitkan MLB dan menjadikannya band paling menjanjikan di Seattle pada saat itu. Kematian Andrew Wood yang tiba-tiba pada tanggal 19 Maret 1990 akibat overdosis heroin, memporak porandakan band yang tengah sibuk mempersiapkan debut album mereka. Setelah kematian Wood, Gossard dan Ament mencoba membentuk format band baru. Lewat tangan Jack Irons (mantan drummer Red Hot Chili Peppers), single demo yang digarap Gossard dan Ament sampai ke tangan Eddie Vedder dan menerbangkan pemuda  pemalu yang bekerja sebagai penjaga malam asal San Diego ini ke Seattle untuk bergabung bersama Stone Gossard, Jeff Ament, Mike McCready  dan membentuk band yang kemudian mereka beri nama Pearl Jam.

Crowe tidak hanya berusaha meluruskan kesimpang siuran ‘mitos perselisihan’ PJ dengan Nirvana, namun memperjelas kekuatan PJ sebagai sebuah band yang bisa menyuarakan kegelisahan individu generasinya. Eddie Vedder sebagai vokalis dengan karismanya menjadi juru bicara tanpa rasa takut dan tidak mengenal kompromi, ketika berhadapan dengan kekuatan yang berusaha mendikte proses PJ dalam berkarya dan mengganggu kedekatan mereka dengan para penggemarnya seperti yang mereka lalukan terhadap Ticket Master. Keterlibatan PJ pada aktivisme sosial: keberpihakan mereka pada Pro Choice, dukungan terhadap pembebasan Tibet, West Memphis Three dan mantan kandidat presiden Ralp Nader, juga sikap anti perang dan kebijakan Bush. Sikap seperti ini yang menjadikan PJ sebagai band yang konsisten terhadap keberpihakannya namun sekaligus menjadi band paling sulit dimengerti.

Matt Cameron (mantan drummer Sundgarden) yang semula berada di luar PJ, namun akhirnya ditarik masuk sebagai drumer, lewat PJ20 mengakui bahwa PJ bukan band yang mengambil pengaruh dari luar mereka, namun justru kekuatan karakter para anggotanya sendiri  yang saling mempengaruhi dan membentuk mereka. Pergulatan untuk terus menjadi diri mereka sendiri tanpa kehilangan harmoni untuk bertahan dan berkembang hidup bersama selama dua puluh tahun menjadikan Pearl Jam termasuk satu dari sedikit band besar yang dengan kerendahan hati mengkritisi diri sendiri serta eksistensi mereka  secara terbuka kepada penggemarnya.

Bagi penggemar berat PJ yang sudah khatam membaca biografi mereka, retrospektif sejarah yang ditampilkan lewat PJ20, seperti cerita yang diulang-ulang untuk menguak yang tersembunyi, memperjelas yang samar dan menemukan makna baru dari peristiwa yang sama. Sebelumnya, Crowe pernah memproduseri video dokumenter Pearl Jam: Single Video Theory ketika menjalani proses rekaman album Yield pada tahun 1998. Sebagian footage di  film ini kembali di tampilkan pada PJ20. Meskipun demikian Crowe berhasil membawa penggemar beratnya pada perspektif baru dan  pemahaman yang lebih dalam tentang PJ sebagai sebuah band. Namun bagi penggemar yang lebih akrab dengan musiknya dari pada sepak terjangnya, Crowe berhasil memberikan rangkuman yang komprehensif tentang sepak terjang PJ selama 20 tahun tanpa melebih-lebihkannya. Terasa sekali bahwa film ini dibuat oleh seseorang yang sangat mengenal PJ bukan hanya sebagai sebuah band, namun juga PJ secara personal.

Sebagai penggemar yang seluruh masa remajanya dipengaruhi oleh mereka, film ini menjadi momen untuk merenungkan kembali  apa yang membuat saya bersedia menunggu  17 tahun untuk bisa menyaksikan konser di Madison Square Garden , NYC, 2008 lalu dan melakakukan perjalanan spiritual ke Seattle hanya untuk merasakan udara yang menghidupi kreativitas mereka. Apa arti     bertahan sampai 20 tahun, saya kira bukan hanya personil PJ saja yang merenungkan itu,  namun penggemar setianya pun pulang menonton sambil mencoba menemukan jawaban dalam diri mereka masing-masing.


Tarlen Handayani, Penggemar berat Pearl Jam sehari-hari bekerja untuk Tobucil & Klabs.

Comments

I. Widiastuti said…
when an avid Pearl Jam fan talks :)
palsayfara said…
Mantap Len...moga2 gw bisa nonton konsernya live suatu saat nanti :D
Meliana said…
baru sempet baca... mantaf, mbak! rencana mo posting juga di blog tapi euuuh ga sempet trus hehehe
Ayu Welirang said…
mbak tarlen ternyata grungers juga ya :)

Popular posts from this blog

Notes on a Scandal (2006)

* * * 1/2

Judi Dench memang tidak perlu di ragukan lagi aktingnya. Berperan sebagai seorang guru, perawan tua, bernama Barbara Covett. Kesepian, hidup dengan seekor kucing dan punya kecenderungan lesbian yang tak berani dia ekspresikan secara terbuka. Kisahnya dimulai saat Sheba Hart (Cate Blanchett), guru kesenian bergabung dengan sekolah tempat Barbara bekerja.

Dalam sekejap, pesona Sheba memikat Barbara, rekan gurunya yang lain dan seorang murid berusia lima belas tahun bernama Steven Connolly (Andrew Simpson). Dengan mudah Steven memanipulasi Sheba dengan cerita-cerita tentang dirinya yang mengundang simpati. Skandal guru dan murid pun tak bisa dihindari. Barbara yang mengetahui skandal ini, merasa bertanggung jawab melindungi Sheba supaya rahasia skandal itu tak terbongkar. Namun, diam-diam Barbara memanfaatkan Sheba untuk mengisi kekosongan dan kesepiannya selama ini. Barbara mencatat skandal tersebut dalam buku hariannya dan fantasi tentang kedekatannya dengan Sheba. Sampai akhir…

Hidup di Bandung Dasawarsa 80an - 90an

'Burako alm. jegger bonpis' foto by bapakku
Tiba-tiba saja, Bebeng bertanya: "Hey Len, maneh teh lainna budak SMP 20? Atuh gudang beas?" (hey len, bukankah kamu anak SMP 20? Gudang beras ya?). Aku yang ditanya begitu langsung balik menuding Bebeng " Hah? maneh teh budak 20 oge?" tawaku dan tawa Bebeng meledak. Tiba-tiba saja, aku dan Bebeng (yang setiap hari nongkrong di kantor AJI Bandung alias tetangga kamar tobucil) punya kesamaan sejarah, karena bersekolah di SMP yang sama. SMP yang sama sekali bukan SMP favorit (biasanya SMPN 4 tetangga kami, meledek anak-anak SMPN 20 dengan sebuatan sekolah gudang beras. SMPN 20 ini terletak persis di stasiun Cikudapateh).
Kenangan kami, ternyata ga jauh beda. Tentang: betapa 'beling'nya daerah kami di jaman remaja dulu. Anak-anak SMPN 20 Bandung (Jl. Centeh, Bandung) pasti ga asing dengan daerah-daerah di sekitarnya: Cinta Asih, Samoja, Gang Warta, Cicadas, Cibangkong, Karees, Cibunut, Alani, Kosambi, Babaka…

Anatomy of Hell (2004)

* * *

Nampaknya aku perlu memahami dan mengerti bagaimana orang Perancis bercerita. Seringkali, aku ga mudeng sama konsep, cerita, dan bahasa visual mereka, karena aku merasa seperti ga ada klimaksnya. Kejutan ada, tapi seringkali datang tiba-tiba dan bikin kening berkerut, karena.. "bentar, jadi sebenernya film ini tentang apa ya?"

Ya begitu juga aku merasakan Anatomy of Hell. Film yang digarap oleh sutradara kontroversialm, Catherine Breillat. Di Film ini, Catherine secara frontal dan vulgar mencoba menjelaskan tentang sisi keperempuanan yang selama ini seringkali tak dipahami oleh laki-laki dalam relasi seksual. Dibintangi oleh ex bintang porno Rocco Siffredi serta model Chanel dan Gaultier, Amira Casar, bagiku terasa sangat teatrikal. Dialognya, adegannya. Bahkan dalam adegan-adegan sex yang begitu vulgar. Jangan bayangkan, kalo film ini sekedar film tripel x. Bagiku, apa yagn ingin disampaikan Breillat sebenernya sesuatu yang menjadi keseharian dan begitu privat bagi pere…