Tuesday, May 19, 2009

Rachel Getting Married (2008)

* * * *

Gara-gara penasaran sama Anne Hathaway aku langsung nyari film ini ke toko dvd tetangga. Anne dinominasikan sebagai aktris terbaik Oscar 2009, lewat film ini. Dan setelah menontonnya, aku suka sama aktingnya dan juga filmnya secara keseluruhan. Selama ini, Anne main di film dengan peran-peran yang menurutku biasa-biasa aja.

Rachel Getting Married bercerita tentang Kym yang bermasalah dengan narkoba dan menghuni panti rehabilitasi, pulang ke rumah beberapa hari saja khusus untuk menghadiri pernikahan Rachel (Rosemarie DeWitt). Saat berkumpul keluarga inilah, masalah keluarga di masa lalu yang belum selesai, muncul kembali di antara ketegangan mempersiapkan pesta pernikahan.

Kym memang pernah melakukan kesalahan besar. Saat dia dalam pengaruh obat, ia mengendarai mobil bersama adik bungsunya, Ethan. Saat itu Kym tidak dapat mengendalikan mobil yang disetirinya dan saat mobil itu terjun bebas ke sungai, Kym tak bisa menyelamatkan Ethan yang tenggelam bersama mobil itu. Kematian Ethan mengubah semuanya dalam keluarga itu. Orang tua Kym bercerai. Ayah Kym dan Rachel menerima itu sebagai sebuah kecelakaan meski Rachel menyesalkan ketidak mampuan Kym mengendalikan diri. Sementara Ibunya, tetap tidak bisa berdamai dengan masalah itu dan menganggap Kym yang bersalah telah membunuh Ethan.

Sebenernya ini drama keluarga biasa, namun yang membuat film ini menjadi tidak biasa dan mengesankan adalah cara Jonathan Demme, sang sutradara, mengemas jalan ceritanya. Demme mencoba mengemas cerita ini seperti sebuah drama yang real dan natural. Akting tokoh-tokohnya yang sangat wajar (namun terasa sekali intensitas emosi yang kuat di antara tokoh-tokohnya) dan cara dia mengambil gambar, membuat film ini punya kekuatan.

Karena kenaturalannya itulah, Anna Hathaway menurutku bisa memunculkan kemampuan aktingnya yang kuat dan intens. Buat yang seneng nonton drama keluarga, film ini menurutku bisa memberi nuansa emosi yang berbeda. Selamat menonton..

1 comment:

dindie said...

aku nonton film ini di HBO...terus aku langsung pengen beli DVDnya, karena aku nggak nyangka si Anne Hathaway aktingnya bagus di sini dan baju-bajunya keren banget di film ini. pas semuanya.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails