Tuesday, May 19, 2009

Joe Strummer: The Future Is Unwritten (2007)

* * * * 1/2

Setelah mencari-cari DVD ini keliling NY.. dapetnya malah di Easy Street Records Seattle. Dokumenter keren menampilkan kekayaan footage yang dirangkai apik oleh sang sutradara Julien Temple.

Dokumenter ini menceritakan tentang perjalanan profil Joe Strummer, pentolan The Clash yang cukup karismatik. Mulai dari Briget Bardot, Michael Balzary alias Flea Red Hot Chili Peppers, Bono (U2), Steve Buscemi, Terry Chimes (drummer The Clash), John Cooper Clarke, Johnny Deep, John Cussack, Matt Dillon, Mick Jagger, Martin Scoresese, Anthony Kiedis, Jim Jarmush.. ikut berkomentar tentang Joe Strummer.

Pria kelahiran Ankara, Turki, 21 Agustus 1952 dengan nama asli John Graham Mellor sejak kecil ikut berpindah-pindah tempat sesuai dengan tugas ayahnya yang bekerja sebagai staf diplomatik kerajaan inggris. Pengalaman tinggal di Mexico, Turki, Kairo dan Bonn, membentuk musikalitas Strummer yang kelak berpengaruh pada karya-karyanya.

Lewat The Clash yang menjadi salah satu legenda punk rock dunia, Strummer menulis lirik-lirik yang sangat kental dengan kritik sosial dan politis. Album London Callling sempat dinobatkan sebagai album terbaik versi majalah Rollinstones pada dekade 80-an. Namun pada tahun The Clash akhirnya bubar tahun 1986 dan Strummer memilih jalannya sendiri.

Kekayaan footage di film ini menggambarkan semangat Strummer dan kegelisahannya terhadap persoalan-persoalan sosial di sekelilingnya. Penghayatan Strummer tentang nilai-nilai kemanusiaan ia dapatkan dari pergulatan dan pengalaman hidupnya yang luar biasa. Bagi Strummer, musik menjadi cara baginya untuk memahami dan menghayati hakikat kemanusiaan. Itu sebabnya aktivisme sosial menjadi satu kesatuan dalam kehidupan bermusiknya.

Bagi Julien Temple, film ini kemudian jadi penghargaan bagi sosok Joe Strummer sebelum, dengan dan tanpa nama besar The Clash_ Joe Strummer sebagai individu. Joe Strummer meninggal pada tanggal 22 Desember 2002 karena penyakit jantung yang tak terdiagnosa sebelumnya.

1 comment:

Panah Hujan, inc. said...

http://gigapedia.com/items/149399/the-future-is-unwritten

Ketemu lagi :-)
Happy, deh.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails