Tuesday, May 19, 2009

Into The Wild (2007)

Category:Movies
Genre: Drama
"Happiness is real, when shared."

Begitulah Christopher McCandless (12 February 1968-18 Agustus 1992) menulis dalam catatan hariannya di hari-hari terakhir menjelang kematiannya. Sebuah film yang diadaptasi dari kisah nyata Christopher McCandless dan diperankan dengan sangat brilian oleh Emil Hirsch (memerankan Jay Adams dalam Lord of Dogtown). Sebuah film yang menceritakan keberanian merengkuh impian dan keyakinan meski nyawa taruhannya.

Chistopher McCandless a.k.a Alexander Supertramp, meyakini bahwa hidup adalah kejujuran untuk merengkuh kebebasan abosolut sebagai manusia. Tanpa hipokrasi, tanpa materi yang menentukan nilai dan harga diri seseorang. Lahir dan besar di Virginia dari keluarga mapan_ ayahnya Walt McCandless, bekerja untuk NASA sebagai antenna specialist. Ibunya, Wilhelmina "Billie" Johnson, bekerja bersama ayahnya mendirikan sebuah konsultan yang cukup sukses. Namun dalam pandangan Chris, orang tuanya adalah figur masyarakat kelas menengah yang hipokrit, penuh dengan kemunafikan. Dalam lingkungan sosial, kedua orang tuanya dikenal sebagai pasangan sukses yang harmonis_figur ideal bagi lingkungan sosialnya. Namun di rumah, ayahnya adalah pelaku kekerasan domestik kepada ibunya. Situasi ini yang membentuk pribadi Chris dan menjadi motivasi dari perjalanan dan petualangan yang di jalaninya saat ia beranjak dewasa.

Setelah lulus dari Emory Collage di tahun 1990, Chistopher memberikan dana kuliahnya sebesar $24,000 dari $42,000, kepada Oxfam International. Dengan berbekal uang yang tersisa, Chris memutuskan melakukan perjalanan keliling Amerika. Cita-cita besarnya adalah hidup di tengah belantara Alaska, karena itu Chris berusaha hidup dengan seminimal mungkin uang dan menghindari hubungan yang dalam dengan orang-orang yang dijumpai dalam perjalanan untuk melatih kemampuan bertahan hidup di belantara Alaska.

Sean Penn, sang sutradara sekaligus penulis skenario, mendapat banyak pujian dari pada kritikus dan penghargaan dari beberapa festival film di luar Amerika sebagai film asing terbaik. Demikian pula Emile Hirsch yang mendapat pengakuan National Board Review sebagai Breakthrough Performance (male actor) dalam film ini. Penggarapan soundtrack yang begitu apik oleh Eddie Vedder, Michael Brook, Kaki King mendapatkan penghargaan 65th Golden Globe Award untuk kategori best original soundtrack.

Bagi para pecandu perjalanan, film ini menggugah kesadaran tentang makna perjalanan itu sendiri. Apa yang terpenting saat impian berhasil kita raih dan rengkuh. Apa arti semua pengorbanan yagn kita lakukan untuk sebuah perjalanan menggapai mimpi.. Buatku saat ini, film ini kena banget... sangat mencerahkan..

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails