Monday, May 18, 2009

An Inconvenient Truth (2006)

****

Bagiku ini adalah film 'propaganda' politik yang dikemas dengan elegan dan cerdas. Gimanapun juga, aku ga bisa melepaskan asumsiku bahwa film ini memang dibuat dalam rangka kampanye pemilihan presiden Amerika tahun 2008 mendatang. Al Gore pada pemilihan yang lalu, kalah tipis dari George W. Bush, dan sekarang saatnya untuk membalas Bush dengan cara yang elegan dan simpatik.

Film ini merupakan catatan Al Gore tentang isu Pemanasan Global (Global Warming) yang selama ini memang jadi perhatiannya. Bagi yang tidak terbiasa menonton dokumenter yang monolog, mungkin film ini jadi agak membosankan. Tapi bagi yang tertarik dengan isunya, film ini menjadi bukti penguasaan Al Gore yang politisi, terhadap isu pemanasan global. Karena Al Gore, menjelasakan secara rinci sampai ke dampaknya yang ga kepikiran olehku kalo ternyata hal itu juga merupakan dampak dari pemanasan global. Memang penjelasannya menjadi sangat sciencetific banget. Tapi kukira itu adalah cara Al Gore untuk menghindar dari propaganda politik yang sempit dan picik yang selama ini dilakukan lawan politiknya. Al Gore seperti sedang bicara pada dirinya sendiri, dan banyak orang, bahwa persoalan pemanasan global adalah tanggung jawab kita semua. Kemauan individu dan kemauan politik yang kuat, bisa membuat kondisi bumi yang sudah sedemikian buruk ini, lebih baik untuk kita wariskan pada anak cucu.

Al Gore bagiku adalah salah satu guru yang mengajarkan padaku pemahamanan tentang persoalan lingkungan secara global, dan menariknya ke konteks lokal. Bukunya yang berjudul 'Bumi dalam Keseimbangan' adalah salah satu buku yang cukup berperngaruh buatku.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails