Tuesday, May 19, 2009

En La Cama/In Bed (2005)

* * * *

'Ternyata one night stand bisa juga jadi sesuatu yang emosional', begitu komentarnya ketika membahas film ini lewat sms. Film garapan sutradara Chile, Matiaz Bize ini hanya di bintangi oleh dua orang aktris Blanca Lewin sebagai Daniella dan Gonzalo Valenzuela sebagai Bruno.

Pertemuan yang tak sengaja di sebuah pesta, membawa Daniella dan Bruno ke atas ranjang untuk seks semalam saja (one night stand). Setelah persetubuhan yang menggairahkan antara dua orang asing yang baru saja bertemu, percakapan diantara keduanya, justru membawa mereka ke wilayah diri yang paling dalam. Hal-hal yang selama ini sulit di ungkapkan oleh masing-masing, justru terungkap karena keduanya berpikir, 'setelah ini kita tidak akan bertemu lagi, setelah ini kita akan sibuk dengan hidup kita masing-masing dan saling melupakan'.

Tapi benarkah demikian? benarkan seks hanyalah sekedar penetrasi tanpa emosi? bagaimana dengan gairah saat melakukannya dan emosi yang menyertainya? Kupikir Matias Bize sangat cerdas meninggalkan pertanyaan itu dalam potongan ending yang pas dan tidak memaksa. Biarkan saja itu semua jadi pertanyaan.

Dengan budget yang kurasa sangat murah meriah dan setting yang sangat minimalis_sepanjang film setting hanya di dalam kamar hotel saja dan kamar mandi_ film ini tidak terjebak dalam erotisme dan seks semata, namun lebih dalam dari itu, karena dialog antara dua tokohnya terasa cerdas tanpa terasa tempelan juga... kurasa itu semua juga karena dua bintang yang bermain disini cukup menghayati karakternya dan berakting dengan sangat baik.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails