Tuesday, May 19, 2009

Dreamgirls (2006)

* * *

Aku baru inget, kalo udah nonton film ini tapi belum nulis reviewnya. Aku cukup penasaran dengan film ini karena Jeniffer Hudson (Effie White) menang Oscar 2007 untuk pemeran pembantu wanita terbaik. Setelah di tonton, ya bagiku ini film musikal yang digarap dengan sangat baik.

Aku sendiri ga terlalu suka sama ceritanya. Biasa aja. Buatku terkesan terlalu klise. Tentang tiga orang perempuan: Effie White (Jeniffer Hudson), Deena Jones (Beyonce Knowles), Lorrel Robinson (Anika Noni Rose) yang ingin jadi bintang, kemudian ikut dari kompetisi satu ke kompetisi lain. Dan karena nasib mujur, seorang produser Curtis Taylor Jr. (Jamie Foxx) menawari mereka jadi backing vocal penyanyi tenar James "Thunder" Early (Eddie Murphy).

Cerita bergulir, ketika trio backing vocals ini kemudian sukses membentuk grup trionya sendiri: Dreamgrils. Namun konflik muncul saat Effie yang mencintai Curtis, harus merelakan Curtis menikahi Deena yang dipilihnya. Sampai akhirnya Effie tercampakan dari grup, Dreamgirls semakin melejit ke tangga popularitasnya. Sementara Effie harus membangun kembali karirnya sebagai penyanyi dari nol lagi, sambil membesarkan anak perempuan dari hasil hubungannya dengan Curtis.

Yeah, so klise. Karena di saat Effie mulai dikenal sebagai penyanyi solo, Dreamgirls mengalami banyak masalah. Curtis dianggap menghalalkan segala macam cara untuk kesuksesan bisnisnya. Ia tak segan-segan menjual artis-artisnya demi sukses komersialnya. Sampai Thunder Early bunuh diri karena tidak tahan lagi. Sementara Deena yang merasa hidup di sangkar emas, semakin lama semakin tak tahan dengan kesuksesannya yang membuatnya sadar bahwa ia telah kehilangan Effie sahabatnya. Akhirnya Deena memutuskan bahwa Dreamgirls lebih baik bubar dan ia juga memutuskan untuk berpisah dari Curtis. Di konser terakhir Dreamgirls, ia memutuskan untuk mengundang Effie sebagai bintang tamu kehormatan mereka.

Ceritanya biasa banget. Tapi yang luar biasa penggarapan setting, kostum, koreografi dan penata musik tentunya. Selain itu, Jeniffer yang finalis American Idol itu menunjukan kecemerlangan bakatnya. Beyonce tentu saja berusaha kelas menunjukan kualitas dirinya dan kukira di juga berhasil. Anikka, bintang broadway mampu tampil utuh, mengimbangi dua rekannya yang lain. Menonton Dreamgirls seperti menonton sebuah pertunjukan live concert yang tak membosankan.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails