Tuesday, May 19, 2009

The Child and The Fox/ Le Renard et l'enfant (2007)

* * * *

Saat membaca judulnya, aku teringat cerita di masa kecil tentang 'Ruby si Rubah Kecil'. Cerita itu membuatku menangis sedih untuk pertama kalinya gara-gara sebuah buku. Dan ternyata aku tetep juga menangis, tapi karena haru saat menonton film yang berkisah tentang persahabatan seorang anak perempuan dengan 'lily' rubah liar yang hidup di hutan dekat rumahnya.

Menonton film ini, seperti sedang didongengi oleh Kate Winslet sebagai narator edisi bahasa Inggris tentang lika liku kehidupan seekor rubah dari pandangan seorang anak perempuan. Film ini sangat menyenangkan bagiku. Seperti menonton dokumenter National Geographic tapi terasa manis dan segar, hanyut dalam pemandangan Perancis Selatan yang indah dari musim ke musim.

Pemainnya hanya seorang gadis kecil yang tak disebutkan namanya diperankan oleh Bertille Noël-Bruneau dan seekor rubah yang diberi nama lily. Bagiku yang dibesarkan oleh buku-buku cerita anak-anak terjemahan dari Eropa, film ini seperti memanggil kembali semua gambaran kisah-kisah Enyd Blyton, petualangan Tini, Astrid Lindgren, Serial Nina, Ruby si Rubah Kecil, tapi semua dalam setting yang nyata.

Kisah yang manis dan sederhana, karena si gadis kecil ini, begitu pantang menyerah untuk bisa bersahabat dengan Lily. Setelah persahabatan itu ia dapatkan, hasrat untuk menguasai muncul, ia mencoba mengurung Lily dalam kamarnya, namun yang terjadi di luar dugaan. Sampai akhirnya si gadis cilik menyadari, bahwa ketika ia begitu mencintai si rubah, ia juga harus belajar melepaskan dan bebebaskannya.

Ku kira, film ini sangat cocok untuk anak-anak, selain mereka bisa belajar mencintai binatang, mereka bisa belajar tentang pelajaran penting tentang bagaimana mencintai yang membebaskan itu. Benar-benar sangat menyentuhku..

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails