Tuesday, May 19, 2009

Anatomy of Hell (2004)

* * *

Nampaknya aku perlu memahami dan mengerti bagaimana orang Perancis bercerita. Seringkali, aku ga mudeng sama konsep, cerita, dan bahasa visual mereka, karena aku merasa seperti ga ada klimaksnya. Kejutan ada, tapi seringkali datang tiba-tiba dan bikin kening berkerut, karena.. "bentar, jadi sebenernya film ini tentang apa ya?"

Ya begitu juga aku merasakan Anatomy of Hell. Film yang digarap oleh sutradara kontroversialm, Catherine Breillat. Di Film ini, Catherine secara frontal dan vulgar mencoba menjelaskan tentang sisi keperempuanan yang selama ini seringkali tak dipahami oleh laki-laki dalam relasi seksual. Dibintangi oleh ex bintang porno Rocco Siffredi serta model Chanel dan Gaultier, Amira Casar, bagiku terasa sangat teatrikal. Dialognya, adegannya. Bahkan dalam adegan-adegan sex yang begitu vulgar. Jangan bayangkan, kalo film ini sekedar film tripel x. Bagiku, apa yagn ingin disampaikan Breillat sebenernya sesuatu yang menjadi keseharian dan begitu privat bagi perempuan_ seperti tentang menstruasi dan bagaimana kebanyakan laki-laki mempersepsinya. Namun cara Breillat menyampaikannya sangat konfrontatif dan shocking, terutamanya dalam visualisasinya. Bukan hanya mengejutkan laki-laki, tapi aku sebagai perempuan sendiri, cukup shock dengan beberapa adegan di film ini.

Aku ga tau, apa yang ingin disampaikan Breillat di film ini bisa di mengerti lewat bahasa visual yang dia pilih atau justru penonton menangkapnya sebagai film sex hardcore yang tak perlu di mengerti ceritanya. Yang menantang bagiku ketika menonton film-film Perancis seperti ini adalah mencoba menangkap dan memahami cara orang-orang Perancis itu bercerita. Bagiku yang terbiasa dengan cara bercerita sutradara-sutradara Amerika, Perancis tentu saja sangat-sangat berbeda.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails